News

PKT Bangun Tempat Sampah Terpadu

Dipostkan pada : 09 Mei 2017 , Admin : admin@Admin Bontang Smart City
Komitmen PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menjaga kelestarian lingkungan terus dilakukan. Terbaru, BUMN pupuk terbesar ini menyerahkan sekaligus meresmikan bangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di jalan Piere Tendean, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Rabu (3/5/2017)  pagi tadi.

TPST merupakan program kepedulia perusahaan kepada lingkungan sekitar. Fasilitas ini merupaka pengelolaan sampah, mengadopsi sistem 3R yakni Reduce (mengurangi), Reuse (penggunaan kembali) dan Recycle (Daur ulang).  Fasilitas ini diharapkan dapat membantu penurunan volume sampah sebelum dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Direktur Produksi PKT, Bagya Sugihartana mengatakan bangunan ini berguna untuk mempermudah prosedur pengangkutan sampah, melalui pemilahan disertai pengolahan lanjutan sebelum dikirim ke TPA.

"Manfaat pembangunan TPST ini diantaranya untuk membentuk lingkungan yang bersih, hijau dan sehat sekaligus menumbuhkan perilaku memilah, mengolah dan menghargai sampah sebagai budaya individu maupun masyarakat luas," terang Bagya.

Program ini merupakan, kerja sama antara Pupuk Kaltim dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang, untuk menciptakan kualitas lingukungan yang bersih, serta memberi nilai tambah ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Pupuk Kaltim merangkul, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sebagai pengelolaa dan operator di TPST ini. Mereka melakukan pemilahan jenis sampah, sampah yang masih bernilai ekonomis dipilah, untuk diolah menjadi rupiah. Kemudian, ampas sampah lainya diteruskan ke TPA untuk dibuang.

"KSM menjadi pengelola dan pemilah sampah, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomiannya. Selain itu, akan diberikan pelatihan untuk peningkatan capacity building," tambahnya.

Sementara itu, Walikota Bontang Neni Moerniani mengapresiasi langkah PKT yang betul-betul peduli terhadap lingkungan, serta kondisi sosial warga sekitar buffer zone. Fasilitas bangunan, serta satu unit kendaraan angkut sampah sangat bermanfaat bagi warga Bontang Kuala untuk menciptakan lingkungan bersih.

"Bangunan TPST serta bantuan lain dari Pupuk Kaltim ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk mewujudkan Bontang sebagai kota yang sehat dan bersih sampah," ujarnya.

Tak hanya kegiatan ini, pada momen bulan lingkungan hidup, Pupuk Kaltim juga menggelar empat kegiatan lain diantaranya lomba esai lingkungan, lintas alam dan edukasi biota wanatirta, serta pembuatan taman sekaligus penghijauan barier Kelurahan Guntung